Senin, 08 Agustus 2011

PROSES PENYUSUNAN JOB DESCRIPTION YANG AKURAT

PENGERTIAN JABATAN
  1. Merupakan fondasi yang membentuk suatu organisasi.
  2. Seluruh jabatan bila disinergikan bisa mencapai sasaran organisasi.
  3. Jabatan-jabatan bisa dianggap sebagai jembatan antara orang dan organisasi
PENGERTIAN JOB DESCRIPTION
  1. Sebuah kumpulan informasi jabatan dan disusun secara sistematis yang diperoleh melalui Job Analysis, yang dapat mengidentifikasi dan menguraikan suatu jabatan atau posisi tertentu.
  2. Membuat status setiap jabatan menjadi jelas akan: Fungsi & Perannya, Hasilnya, Tanggungjawabnya.
MANFAAT JOB DESCRIPTION
  1. Membantu atasan dan bawahan mengerti: Mengapa suatu jabatan diadakan dan Apa tujuan utamanya.
  2. Sebagai Alat Managemen untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi : Performance Management, Staffing & Selection, Organization Design, Reward System, Career Development & Training.
ELEMEN-ELEMEN JOB DESCRIPTION
  1. Job Information
  2. Primary Job Role
  3. Dimentions
  4. Reporting Relationship
  5. Key Accountabilities
  6. Relationships
  7. Knowledge & Skills
  8. Decision Making
(Penjabaran tentang elemen-elemen deskripsi jabatan ini akan kami hadirkan dalam satu artikel tersendiri)
JOB DESCRIPTION WRITING PROCESS

Review Work Process  &  Organization StructureIdentify Key Responsibilities Through Job Holder InterviewDocument Jobs Based On FormatManager & HR Review and Finalized

Reviewing Work Process & Organization Structure
  1. Siapa yang menjadi pelanggan Anda (eksternal/internal)
  2. Apa saja harapan mereka dari unit kerja Anda.
  3. Hasil apa yang dapat diberikan oleh Anda /Unit kerja Anda
  4. Proses, langkah, aktivitas apa saja yang dilakukan untuk menghasilkan Output tersebut.
  5. Siapakah pemilik proses tersebut.
IDENTIFYING WORK ROLE
  1. Setelah mempertimbangkan proses kerja dan struktur organisasi, rumuskan : 6 –7 tanggung jawab utama.
  2. Tanggungjawab utama bisa digali dari 4 DIMENSI

KEUANGAN
PELANGGAN
INTERNAL BISNIS PROSES
PERTUMBUHAN DAN PEMBELAJARAN


METODOLOGI
  1. Review struktur organisasi, bisnis proses, prosedur keagenan, Rincian Tugas & Tanggungjawab.
  2. Wawancara sampling di beberapa Unit kerja Wilayah Jabotabek.
  3. Group Discussion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar