PENGERTIAN JABATAN
- Merupakan fondasi yang membentuk suatu organisasi.
- Seluruh jabatan bila disinergikan bisa mencapai sasaran organisasi.
- Jabatan-jabatan bisa dianggap sebagai jembatan antara orang dan organisasi
PENGERTIAN JOB DESCRIPTION
- Sebuah kumpulan informasi jabatan dan disusun secara sistematis yang diperoleh melalui Job Analysis, yang dapat mengidentifikasi dan menguraikan suatu jabatan atau posisi tertentu.
- Membuat status setiap jabatan menjadi jelas akan: Fungsi & Perannya, Hasilnya, Tanggungjawabnya.
MANFAAT JOB DESCRIPTION
- Membantu atasan dan bawahan mengerti: Mengapa suatu jabatan diadakan dan Apa tujuan utamanya.
- Sebagai Alat Managemen untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi : Performance Management, Staffing & Selection, Organization Design, Reward System, Career Development & Training.
ELEMEN-ELEMEN JOB DESCRIPTION
- Job Information
- Primary Job Role
- Dimentions
- Reporting Relationship
- Key Accountabilities
- Relationships
- Knowledge & Skills
- Decision Making
JOB DESCRIPTION WRITING PROCESS
Review Work Process & Organization Structure | Identify Key Responsibilities Through Job Holder Interview | Document Jobs Based On Format | Manager & HR Review and Finalized |
Reviewing Work Process & Organization Structure
- Siapa yang menjadi pelanggan Anda (eksternal/internal)
- Apa saja harapan mereka dari unit kerja Anda.
- Hasil apa yang dapat diberikan oleh Anda /Unit kerja Anda
- Proses, langkah, aktivitas apa saja yang dilakukan untuk menghasilkan Output tersebut.
- Siapakah pemilik proses tersebut.
IDENTIFYING WORK ROLE
- Setelah mempertimbangkan proses kerja dan struktur organisasi, rumuskan : 6 –7 tanggung jawab utama.
- Tanggungjawab utama bisa digali dari 4 DIMENSI
KEUANGAN |
PELANGGAN |
INTERNAL BISNIS PROSES |
PERTUMBUHAN DAN PEMBELAJARAN |
METODOLOGI
- Review struktur organisasi, bisnis proses, prosedur keagenan, Rincian Tugas & Tanggungjawab.
- Wawancara sampling di beberapa Unit kerja Wilayah Jabotabek.
- Group Discussion.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar